Korban Meninggal Gempa Sumatera Barat Bertambah

Gempa bumi yang terjadi beberapa hari lalu di Sumatera Barat menimbulkan banyak korban meninggal sekitar 390 orang meninggal hingga sekarang 03 Oktober bertambah sekitar 536 orang meninggal,berikut cuplikannya :

Gempa Bumi Sumatera Barat 7,6 SR  Kerusakan dan Korban

Hingga hari Sabtu (3/10) pukul 16.00 WIB, jumlah korban akibat gempa di Sumatera Barat tercatat sebanyak 536 orang meninggal, luka berat 323 orang, dan luka ringan 2.670 orang, serta 303 orang dilaporkan hilang.

Presiden RI didampingi Menkokesra, Mensesneg, Mendagri, Menhub, Menteri PU, Kapolri dan Panglima TNI telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Prov. Sumatera Barat dan jajarannya, kemarin Jum’at (2/10), dan memberikan arahan agar penyelamatan korban terus diupayakan, meliputi pencarian korban yang tertimbun, perawatan korban luka-luka dan sakit, evakuasi jenazah, serta pemakaman korban meninggal. Utilitas-utilitas yang lumpuh segera diperbaiki seperti listrik (PLN), bahan bakar (Pertamina) dan air bersih.

Dalam masa tanggap darurat penanganan bencana ini, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp. 100 milyar. Komando penanganan darurat dipegang oleh Gubernur didukung oleh unsur-unsur di bawahnya, sedangkan dari Pusat dikoordinasikan oleh BNPB untuk logistik baik dari Pemerintah, provinsi lain, maupun masyarakat. Pemerintah RI tidak meminta bantuan, namun tetap menerima dukungan bantuan luar negeri.

Kemarin, Presiden RI juga melakukan kunjungan ke RS M. Jamil Kota Padang kemudian dilanjutkan ke Kota Pariaman dan Kab. Padang Pariaman dan memberikan bantuan secara simbolis.BNPB