Pernyataan Bersama Capres JK dan Mega

Pernyataan Bersama Capres JK dan Mega...Pertemuan dua calon presiden dan wakil presiden JK-Wiranto dan Mega-Prabowo, Minggu 5 Juli 2009 di kantor PP Muhammadiyah, menghasilkan pernyataan bersama.

Pernyataan bersama pasangan Mega-Prabowo dan JK-Wiranto ini untuk mengembalikan jalannya demokrasi yang berdaulat, sebagai berikut:
Pernyataan Bersama Capres JK dan Mega

  • Presiden RI dan KPU harus memberikan jaminan hak sipil dan politik warga negara dalam pemilihan umum, jaminan ini diwujudkan dengan menyediakan mekanisme bagi warga negara yang memiliki hak memilih namun tidak terdaftar dalam DPT untuk tetap dapat menggungkapkan hak pilih.
  • Mendesak KPU untuk mengumumkan DPT dengan memberikan DPT kepada Bawaslu dan ketua RT guna memastikan sebagai warga negara yang memliki hak pilih telah terdafatr dalam DPT.
  • Merekomendasikan kepada Bawaslu untuk melaksanakan pengecekan DPT dengan bekerja sama dengan pengamat pemilih independent dan tim kampanye guna memastikan tidak ada lagi pemilih fiktif, ganda, dan memastikan setiap pemilih terdaftar dalam DPT.
  • Sekurangnya ada empat alasan yang mengarah dugaan kuat bawah KPU tidak independent, diantaranya, a. selambat-lambatnya 30 hari sebelum hari H sudah ditetapkan ternyata tidak diumumkan kepada publik, b. banyak pemilih yang masih belum terdaftar sampai hari ini, c. masih banyak DPT yang ganda, d. sosialisasi yang dilakukan KPU tidak netral.
Mendesak kepada KPU untuk menyelesaikan segala persoalan diatas selambat-lambatnya 1x24 jam sejak disampaikan malam ini, jika tidak maka kami menyarankan KPU untuk menunda sampai KPU dapat menyelesaikan masalah tersebut diatas.

vivanews