Pendaftaran Calon Rektor ITB Dibuka 2010-2014

Pendaftaran Calon Rektor ITB Dibuka 2010-2014...Proses pemilihan Rektor Institut Teknologi Bandung telah dimulai. Ini ditandai dengan dibukanya pendaftaran calon nomine rektor terhitung mulai Senin (6/7) ini. Pemilihan ini akan melewati sejumlah tahapan hingga 5 Desember 2009 mendatang.

Pendaftaran Calon Rektor ITB Dibuka 2010-2014
Ketua Majelis Wali Amanah ITB Yani Panigoro, Sabtu (4/7) mengatakan, siapapun itu asalkan WNI, bergelar doktor dan punya pengalaman mendidik, dapat mendaftar sebagai calon Rektor ITB. Pemilihan Rektor ITB dilakukan oleh MWA.
"Pemilihan Rektor ITB periode 2010-2014 ini mengangkat tema Rektor Kita . Artinya, pemilihan ini dilakukan atas dasar kebersamaan. Siapapun yang terpilih ataupun tidak, harus bisa legowo dan tetap bahu membahu nantinya," ucap Direktur Medco Group ini.

Masa pendaftaran calon nomine ini berlangsung hingga 6 Agustus mendatang. Setelah itu, pada 24 Agustus mendatang akan dilakukan seleksi untuk menentukan ba kal calon. Dari sini, akan diseleksi lima orang calon rektor dan kemudian dilakukan pemilihan tahap kedua pada Desember.

Yang membedakan dengan tahun sebelumnya, di periode 20010-2014 ini, akan dilangsungkan sesi diskusi panel. Para bakal calon Rektor ITB , menurut Ketua Panitia Pelaksana Djoko Suharto, juga akan berinteraksi dengan masyarakat.

Namun, para calon ini tidak diperbolehkan mengerahkan massa dalam berkampanye. "Apalagi, menggunakan tim sukses. Ini kan ajang akademis, bukan Indonesia Idol. Kami memilih rektor yang paling berkompeten," ucap Yani.

Dibandingkan proses pemilihan rektor di PTN lainnya, sebagai salah satu PT BHMN, mekanisme pemilihan Rektor ITB ini berlangsung sem-demokratis. Calon dipilih oleh 20 orang anggota MWA ITB yang mewakli unsur pemerintahan (Menteri Pendidikan), senat akademik, mahasiswa, karyawan, serta alumni ITB. Dari para unsur MWA ini, suara menteri adalah yang terbesar, yaitu 35 persen.

Secara terpisah, dimintai komentarnya terkait pemilihan rektor ini, Djoko Santoso, Rektor ITB yang kini menjabat, mengaku tidak akan ikut serta dalam pemilihan ke depan. Alasannya, berbagai program yang dirancangnya selama lima tahun terakhir ini sudah terlaksana.

Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, masa tugas Rektor ITB yang terpilih nantinya hanya empat tahun. Bukan lagi lima tahun seperti sebelumnya. Penyesuaian ini mengacu Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan.

kompas